Jamaah Berisik 

 A little learning is a dangerous thing.

— Alexander Pope

Orang yang tahu sedikit bisa menimbulkan keruwetan jika ia tak mampu mengendalikan diri.
Sedikit pengetahuan berarti lebih banyak hal yang tidak dia ketahui. Apabila dengan pengetahuannya yang tidak mencukupi itu seseorang dipuja-puja, maka egonya akan mengalami inflasi. Agar tidak ketahuan bahwa pengetahuannya tidak cukup, dia akan membuat kemasan yang menarik agar orang terpesona.

 

Karena itu kadang-kadang orang menciptakan kemasan yang bombastis dengan cara-cara kontroversial, sering dengan dandanan, tipuan, dusta, hoax atau rekayasa. Kadang kalau perlu mengeluarkan fitnah ke pihak lain agar perhatian tidak tertuju kepada dirinya, dengan harapan orang tidak tahu dirinya sebenarnya tidak cukup.ilmu.
Dia tidak peduli, atau memang tidak tahu, bahwa seringkali cara-cara ilusif semacam itu menimbulkan kerusakan di masyarakat.

 

Ini pribadi narsistik yang berpotensi mengacaukan tatanan. Jika pribadi semacam ini jumlahnya banyak, mereka akan menciptakan jamaah narsistik kolektif yang amat berisik.

 

Golongan ini akan memandang dirinya istimewa dan tinggi. Sehingga, jika ada kritik sekecil apapun, mereka akan marah-marah, walaupun kritik itu benar adanya dan sesuai fakta dan pengetahuan yang lebih mendalam. Bahkan jika disodori argumen alternatif yang lebih kokoh, mereka justru tambah marah, melontarkan dalih untuk mengelak dari pembahasan yang sehat,  semisal dengan mengatakan  “buat apa pintar kalau akhirnya masuk neraka!” Ini adalah cara untuk menutupi kelemahan ilmunya dan mengalihkan perhatian ke hal lain yang tidak bisa dibuktikan. Bagaimana membuktikan seseorang pada akhirnya pasti masuk neraka atau surga?

 

Orang yang kurang ilmu namun memandang dirinya istimewa dan lebih tinggi martabatnya akan mudah marah dan gampang diprovokasi atau dihasud. Mereka itu seperti bungkus snack anak-anak. Dari kemasannya yang menarik tampak memberi kesan isinya penuh, tetapi ketika dibuka, ia ngempos, karena isinya 2/3 adalah udara.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s