Kosong dan Isi

kosongisi

Yang suka membaca cerita silat Kho Ping Ho tentu akrab dengan frase ini: “Kosong itu isi, isi itu kosong.”

Orang bisa memaknai macam-macam tentang kekosongan berdasarkan wawasan dan pengalamannya dan menjadikannya bahasan filsafat yang ruwet.

Bagi pejalan ruhani, pengalaman dan wawasan batin menjadi jelas sesudah melakukan beragam mujahadah atau tazkiyatun nafs, namun sulit dibahasakan, sehingga hanya bisa disampaikan secara kiasan, atau ibarat, metafora, simbol, yang kadang paradoks dan hiperbolis, justru lantaran keterbahasan bahasa. Ada batasan arti dalam kata-kata, namun makna ruhani sulit ditampung secara utuh dalam kata atau kalimat. Maka lahir ungkapan yang terdengar misterius, semisal “kosong itu isi, isi itu kosong,” “dia yang tahu, tidak bicara; dia yang bicara, tidak tahu ” atau “ora isa apa-apa nanging apa-apa isa,” ora duwe apa-apa nanging apa-apa duwe.”

Kalimat ringkas itu bisa menimbulkan banyak tafsiran. Padahal itu sumbernya dari pengetahuan dan pengalaman batin manusia. Sekarang, jika kalimat itu sumbernya dari Tuhan, tentu lebih luas lagi makna yang dikandungnya. Hingga diibaratkan sendiri oleh Tuhan, “seandainya kalimat-Nya ditulis, habis tinta tujuh samudera pun tak akan cukup.”

Akan aneh jadinya jika ada seseorang yang berani mengklaim bahwa pemahamannya tentang kitab suci adalah yang paling benar dan yang lain adalah sesat dan mengada-ada.

Kadang ada orang yang begitu. Karena tak mampu menguasai syarat-syarat yang dibutuhkan untuk memahami dan menafsirkan kitab suci, maka ia menganggap pemahaman orang lain sebagai “mengada-ada dan meruwet-ruwetkan” pemahaman. Dengan kata lain, seseorang berkata “ratusan tafsir kitab suci yang penuh perbedaan dan terkadang rumit itu aku anggap salah dan sesat hanya karena aku tak mampu memahami ilmu tafsir mereka.”

Jadi, kosong itu isi, isi itu kosong …

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s