Charger 

| Ia barangkali sudah menjadi kebutuhan pokok selain sandang, pangan dan papan. Orang-orang yang bepergian atau mengunjungi suatu tempat, tak jarang membawa powerbank atau mencari colokan. Kereta api, bahkan bis malam jarak jauh, juga menyediakan colokan. Kini kita lumrah menjumpai warung makan, kafe, ruang tamu, bahkan angkringan ada cable-roll dan colokan.

Gadget  seperti manusia. Butuh asupan rutin agar tetap hidup dan berdaya guna. Pun manusia. Lahirnya butuh charger berupa makanan, air dan udara.
Tetapi bagaimana dengan sisi ruhani? Bagaimana engkau men-charge ruh agar hidup menjadi berdaya guna? 
Ruh itu berhubungan langsung dengan Tuhan. Persoalannya adalah bagaimana menyambungkan “kabel” ruh ke sumber hidupnya, yakni Tuhan. Ada banyak teori dan banyak yang tahu caranya. Aku juga tahu: shalat, doa, zikir, amal soleh. Hanya saja, walau sudah melakukan sesuai teori, aku sering tak merasa tersambung dengan Tuhan. Sebab, aku masih berani berdusta, berbuat maksiat, mencaci-maki,  menghina, meremehkan orang lain, bangga pada diri sendiri, takut pada selain Tuhan … 

Setiap hari aku bersungguh-sungguh mengisi daya baterai HP ku agar gawai ini berfungsi sebagaimana mestinya; tetapi aku tidak bersungguh-sungguh serius menghubungkan daya ruhani ke Sumbernya agar hidupku berjalan sebagaimana mestinya, yakni selaras dengan KehendakNya; akibatnya, aku sibuk mengejar harta dan kuasa tanpa peduli batas diri.  Lalu keserakahan,  galau dan stres, salah dan dosa, tak pernah usai menghujani diri.  

Ternyata selama ini dunia kujadikan kebutuhan pokokku; kebutuhan akhirat gimana nanti sajalah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s