Serba Keliru

wrong

Aku lebih 12 tahun belajar matematika, tetep goblok hitung-hitungan matematika, kecuali urusan hitung duit cash. Belajar bahasa Indonesia, masih sering bingung membedakan mana majaz, mana satir, mana idiom. Sejak lahir udah jadi wong jawa, berbahasa jawa, tapi paramasastra atau tata bahasa jawa mulai dari level ngoko sampe krama inggil tetep sering salah. Bahkan untuk misuh pakai kata “bajingan asu jancuk” aja terdengar wagu karena salah intonasi. Satu-satunya pisuhan yang fasih kupakai cuma “mbahmu kiper!” Belajar ekonomi di kampus, tetep banyak yang ga mudheng kecuali menghitung diskon harga.

Pingin belajar agama, biar bisa nyetatus pendapat yang islami full dalil kayak orang-orang di medsos, lah ternyata banyak banget yang harus dipelajari supaya paham benar, sehingga justru mumet – apalagi ditambah agama malah jadi bahan bertengkar. Sekalinya nyetatus pendapat agama malah dikafir-kafirkan orang beriman dan aku ga bisa mbantah karena belum paham benar walau sudah islam sejak orok. Pingin belajar ndagel supaya berbagi gembira, lah malah disalah-salahkan karena dianggap tidak bermutu. Nulis yang saru-saru sekarang dianggap cabul murokab, dianggap pelecehan verbal seksual. Hancurlah citra diri sebagai orang baik-baik kalau nekat bersaru-saru ria.

Satu-satunya yang minim disalah-salahkan koq kalau nyetatus ngusili jomblo. Tapi kalau usil gitu terus rasanya kok ya nambah dosa kepada jomblo-jomblo budiman. Salah meneh aku.

Jadi, jan-jane aku iki pinter bab ilmu apa sih? Eh tapi nanya begini kemarin juga disalahkan. Dipandang sok merendah padahal cuma menyelubungi kesombongan diri mau ngangkat gengsi dengan cara pura-pura tawadhu.

Aku selalu salah di mata netizen yang maha benar dengan segala komentarnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s